Rabu, 06 Januari 2010

Contoh Proposal

A. LATAR BELAKANG
Belajar merupakan suatu proses kegiatan, dimana melibatkan terjadinya perubahan pada seseorang yang sedang belajar. Perubahan yang terjadi ketika belajar sedang berlangsung memberikan suatu aspek yang terarah, yaitu terkadang menimbulkan suatu perubahan cita-cita bahkan memperkuat cita-cita tersebut. Jika perubahan tersebut mengubah cara berpikir maka akan melibatkan perubahan dalam tujuan dan arah kehidupan. Tetapi bagaimana dengan permasalahan anak yang memiliki kesulitan belajar?.
Dewasa ini banyak sekali adanya kecenderungan kasus meningkatnya permasalahan belajar anak di sekolah. Para guru maupun orang tua banyak mengeluh bahwa anak didiknya mengalami gangguan proses belajar-mengajar di kelas.
Salah satu masalah belajar yang sering dijumpai di sekolah – sekolah khususnya pada anak usia dini dan Sekolah Dasar (SD) yaitu learning difficulties adalah kelompok learning disabilities (LD), Specific Learning Difficulties (SLD) atau DMO. Kelompok anak ini bukan tidak mampu belajar tetapi mengalami kesulitan tertentu yang menjadikannya "tidak siap belajar".
Anak berkesulitan belajar (LD) adalah individu yang mengalami gangguan dalam satu atau lebih proses psikologis dasar, disfungsi sistem syarat pusat, atau gangguan neurologis yang dimanifestasikan dalam kegagalan-kegagalan yang nyata dalam pemahaman dan penggunaan pendengaran, berbicara, membaca, mengeja, berpikir, menulis, berhitung, atau keterampilan sosial. Kesulitan tersebut bukan bersumber pada sebab-sebab keterbelakangan mental, gangguan emosi, gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, atau karena kemiskinan lingkungan, budaya, atau ekonomi, tetapi dapat muncul secara bersamaan.
Kelompok anak LD dicirikan dengan adanya gangguan-gangguan tertentu yang menyertainya. Menurut Cruickshank (1980) gangguan-gangguan tersebut adalah gangguan latar-figure, visual-motor, visual-perceptual, pendengaran, intersensory, berpikir konseptual dan abstrak, bahasa, sosio-emosional, body image, dan konsep diri. Sedangkan menurut Hammil dan Myers (1975) meliputi gangguan aktivitas motorik, persepsi, perhatian, emosionalitas, simbolisasi, dan ingatan. Sedangkan ditinjau dari aspek akademik, kebanyakan anak LD juga mengalami kegagalan yang nyata dalam penguasaan keterampilan dasar belajar, seperti dalam membaca, menulis dan atau berhitung.
LD dapat dialami oleh siapa saja, mulai dari yang terbelakang mental, rata-rata, sampai yang berinteligensi tinggi. Sejarah membuktikan bahwa tokoh-tokoh kaliber dunia seperti Thomas Alva Edison, Albert Einstein, Leonardo da Vinci, Winston Churcill, dan Nelson Rockefeller, awalnya juga dikenal sebagai penyandang LD (Osmon, 1979; Mulyono Abdurrahman, 1994). Secara teoretis prevalensi penyandang LD berkisar antara 3-10 persen dari populasi anak usia sekolah (Schwartz, 1984; Hallahan, 1985).
Kemampuan intelektual dapat berpengaruh luas terhadap berbagai kemampuan manusia, terutama dalam prilaku belajarnya. Sementara itu Shwartz (1984) menegaskan bahwa dua masalah utama yang dihadapi anak LD adalah masalah akademik dan masalah pribadi-sosial. Berdasar ini diduga kuat bahwa paduan antara keunggulan intelektual yang dimiliki dan kesulitan belajar yang dihadapi dapat melahirkan karaktersitik sendiri yang berbeda dengan anak-anak LD pada umumnya.
Secara potensial, anak LD yang memiliki inteligensi di atas rata-rata adalah sumber daya manusia unggul bagi pembangunan bangsa dan negara. Karena itu seyogyanya mereka mendapat perhatian yang lebih serius dalam upaya mengatasinya. Namun demikian, dalam praktek pendidikan di lapangan, khususnya di sekolah dasar, sangat mungkin terjadi guru mengalami berbagai kesulitan dalam membantu siswanya yang termasuk LD.
Dalam kaitannya dengan sistem pendidikan di sekolah dasar, guru merupakan ujung tombak dalam membantu mengatasi masalah-masalah yang dihadapi para siswanya, termasuk permasalahan yang dihadapi anak LD yang memiliki kemampuan intelegensi di atas rata-rata. Diduga kuat bahwa pemahaman guru sekolah dasar terhadap karakteristik anak berkesulitan belajar kelompok learning disability (LD) masih sangat rendah. Akibatnya, mereka belum mendapatkan layanan bimbingan yang tepat sesuai dengan karakteristik dan kebutuhannya. Pada hal prevalensinya cukup tinggi dan banyak di antara mereka yang memiliki inteligensi di atas rata-rata. Oleh sebab itu guru dan orang tua membutuhkan suatu informasi yang jelas mengenai permasalahan belajar tersebut.
Berdasarkan permasalahan di atas maka STAI BANI SALEH bermaksud melaksanakan seminar “Penanganan Anak Berkesulitan Belajar”.

B. TUJUAN KEGIATAN
1. Membantu para orang tua dan guru mengenali anak yang mengalami kesulitan belajar.
2. Memberikan pemahaman pada orang tua dan guru untuk memperlakukan anak yang mengalami kesulitan belajar sesuai dengan masalahnya.

C. NAMA DAN TEMA KEGIATAN
Nama Kegiatan : Seminar ”Penanganan Anak Berkesulitan Belajar”
Tema Kegiatan : ”Anak Yang Sulit Belajar Pun, Bisa Menjadi Anak Yang Sukses”

D. BENTUK KEGIATAN
Adapun bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu seminar.

E. PENGISI ACARA
1. Moderator : Drs. Bahrudin, M.Pd
2. Pemberi Sambutan Bupati Bekasi, Sa’adudin, M.M
3. Narasumber :
a. Lara Fridani, M.Psych ( Edu & Dev)
S-2 Master Psikologi Jurusan Pendidikan dan Perkembangan,
Lulusan Monash University, Melbourne Australia
b. Drs. Marja, M.Pd
Kandidat Doktor Pendidikan Luar Biasa (PLB), Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

F. PESERTA
Dalam kegiatan ini, kami tidak hanya mengkhususkan kepada guru atau mahasiswa saja. Tetapi, para orang tua yang juga mengalami kesulitan dalam memberikan bimbingan belajar selama berada di rumah.

G. PENYELENGGARA
Kegiatan seminar ini diselenggarakan oleh BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM) SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BANI SALEH KAMPUS B, CIKARANG.


H. JADWAL DAN LOKASI KEGIATAN
Pelaksanaan kegiatan Insya Allah akan dilaksanakan pada:
Hari : Minggu
Tanggal : 28 Juni 2009
Waktu : 09.00 s/d selesai
Tempat : RESTORAN SAMI KURING KHAS JAWA-SUNDA
JL. Raya Industri No. 2 Cikarang
(Samping Carrefour Cikarang)

I. SUSUNAN ACARA
09.00-09.30 : - Pembukaan
- Pembacaan ayat suci Al-Qur’an
- Sambutan dari Bupati Bekasi
09.30-11.30 : Materi dari Marja M.Pd
- Identifikasi Anak yang Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar.
11.30-12.00 : Door Price dan hiburan
12.00-12.30 : ISOMA ( Istirahat Sholat dan Makan)
12.30-14.30 : Lara Fridani, M.Psych (Edu & Dev)
- Penanganan Anak Berkesulitan Belajar dan Solusinya
14.30-15.00 : Penutup dan Do’a

J. SUSUNAN PANITIA
Terlampir.

K. RENCANA ANGGARAN
Terlampir.

L. PAKET SPONSORSHIP
Terlampir.

M. LEMBAR PENGESAHAN
Terlampir.

N. PENUTUP
Demikian rencana kegiatan seminar “ Penanganan Anak Berkesuliatan Belajar “, dengan harapan semoga acara ini berjalan lancar dan sukses sesuai dengan yang telah diprogramkan. Amin.



Lampiran 1
PANITIA KEGIATAN
Mengetahui : 1.Drs. Hapidin, M.Pd
(Ketua STAI Bani Saleh)
2. Drs. Endang Wahyudiana
(Puket Bidang Kemahasiswaan STAI Bani Saleh)
Penanggungjawab : Yuli Pujianti, S.Pd
Ketua : Henika
Sekretaris : Siti Maesaroh
Bendahara : Nunu Diati
Seksi Acara : 1. Iin Inayah
2. Otih Hotimah
Seksi Humas : 1. Titik Ambarwati
2. Nurlaela Fitriyani
3. Nurhasanah
4. Fachny
5. Mohammad Roziki
Seksi Konsumsi : 1. Juhaeriyah
2. Yurini Triyauhani
Seksi Logistik dan Dekorasi : 1. Tika Dyiah Swastika
2. Nurhasanah
3. Mumun Mukaromah
Seksi Dokumentasi : 1. Lestari
2. Yati


Lampiran 2
RENCANA ANGGARAN
Kesekretariatan : Rp. 200.000,00
Spanduk : Rp. 1.000.000,00
Narasumber : Rp. 3.000.000,00
Konsumsi : Rp. 4.375.000,00
Snack : Rp. 750.000,00
Seminar Kids : Rp. 1.500.000,00
Transportasi : Rp. 300.000,00
Sertifikat : Rp. 1.000.000,00
Dokumentasi : Rp. 100.000,00
Hiburan : Rp. 300.000,00
Lain-lain : Rp. 627.000,00
Jumlah : Rp.13.177.000,00



Lampiran 3
PAKET SPONSORSHIP
1. Pilihan Berbagai Jenis Sponsor

Perusahaan yang akan berpartisipasi dalam Seminar Pendidikan Penanganan Anak Belajar dapat memilih beberapa pilihan paket sebagai berikut :
1. PAKET SPONSOR TUNGGAL
2. PAKET GRAND SPONSOR
a. Paket Platinum Rp 11.850.000;
b. Paket Gold Rp 9.880.000;
c. Paket Silver Rp 6.588.000;

3. PAKET IN-KIND SPONSOR
Publication tools :
Kegiatan sponsorship ini menggunakan media publikasi seperti:
- Pemasangan Banner
- Name Tag
- Spanduk
- Media dalam kegiatan
Manfaat kegiatan sponsorship :
- Merupakan media promosi yang efektif dengan penampilan logo pihak sponsor pada media publikasi.
- Wujud tanggung jawab sosial terhadap pendidikan anak.

2. Prosedur Pembayaran

Para sponsor diwajibkan melakukan pembayaran ke rekening : BCA KCP Lippo Cikarang 5220597913 a.n Nunu Diati.


3. Kontraprestasi sponsor tunggal

Sponsor tunggal artinya bersedia membiaya keseluruhan acara. Kontraprestasi sponsor tunggal bentuknya dapat disesuaikan dengan kesepakatan keduabelah pihak. Semua media publikasi yang disediakan panitia tidak akan mencantumkan pihak lain selain panitia dan pihak sponsor tunggal.

4. Kontra Prestasi Grand Sponsor
Rincian kontraprestasi Grand Sponsor
N0 Model Iklan Platinum
Rp 11.850.000; Gold
Rp 9.880.000; Silver
Rp 6.588.000
1. 4 Spanduk Large Logo Medium Logo Small Logo
2. Name Tag Panitia
(20 pcs) Large Logo Medium Logo Small Logo
3. Spanduk Perusahan* 3 buah 2 buah 1 buah
4. Umbul-umbul* 5 buah 2 buah -

Keterangan :
* disediakan sendiri oleh perusahaan yang mensponsori kemudian lokasi pemasangan dipasang oleh panitia

5. Sponsor In-Kind

Kontraprestasi sponsor in-kind diberikan oleh panitia sesuai dengan nilai nominal yang diberikan oleh pihak sponsor. Sponsor in-kind ini dapat berupa pemberian materi yang dibutuhkan oleh panitia ataupun berupa penggantian ongkos kegiatan bagi materi yang disampaikan.

Jenis Sponsor In-Kind Minimum Sumbangan

Menyediakan snack (360 buah) Minimal 180 buah
Bingkisan Produk (360 buah) Minimal 180 buah

6. Dana sponsorship dapat dilunasi secara langsung atau dalam dua tahap sebagai berikut :
a. 75% dari nilai kontrak dilunasi pada saat penandatanganan kontrak.
b. 25% sisanya dilunasi paling lambat 3 hari setelah rangkaian acara selesai.

7. Pembatalan Kerjasama
* Oleh pihak perusahaan
a. Uang tahap I menjadi milik panitia
b. Pembayaran pelunasan, maka 75% dana menjadi milik panitia
* Oleh pihak panitia
a. Dana dikembalikan sebesar yang telah diterima pihak panitia











PROMOTIONAL DAN DESAIN
1. Promotional Tools
Seluruh produksi desain dari materi promosi kegiatan dilakukan pihak panitia. Panitia tidak menutup kemungkinan bagi pihak sponsor untuk memproduksi sendiri materi promosinya. Jika pihak sponsor menambah iklan atau alat promosi lainnya, pengaturananya dan penempatan materi promosi merupakan kewenangan panitia.

2. Desain Material

Spanduk 4 buah

















NAME TAGE


























FORMULIR-FORMULIR
Chek List Konfirmasi Partisipasi Dengan Mengisi Formulir
Berikut ini kami Lampirkan :

1. Nama Organisasi :
2. Alamat :
3. Telepon :
4. Fax :
5. Website Address :

Telah melakukan pengembalian check list partisipasi yang diikuti dalam acara Penanganan Anak Berkesulitan Belajar dengan mengembalikan beberapa formulir yang telah diisi, yaitu

No. JENIS FORMULIR YANG TELAH DIISI Beri
√ Tanggal Pengembalian
1. Formulir Partisipasi sebagai Grand Sponsor
2. Formulir Partisipasi sebagai In-Kind Sponsor











1. Formulir Partisipasi sebagai Grand Sponsor
Bersama ini saya bersedia turut serta dalam kegiatan Penanganan Anak Berkesulitan Belajar dengan rincian data sebagai berikut :
1. Nama Organisasi :
2. Alamat :
3. Telepon :
4. Fax :
5. Website Address :
Kami aka turut dalam kegiatan ini sebagai Grand Sponsor, dengan rincian sebagai berikut :
PAKET Bayar Lunas sebelum Bayar Lunas Sebelum Total Rupiah
Platinum
Gold
Silver
TOTAL

Kami akan melakukan pembayaran ke Rekening : BCA KCP Lippo Cikarang 5220597913 a.n Nunu Diati dan semua bukti pembayaran di Fax ke (021) 89116181 serta melakukan konfirmasi pembayaran melalui telepon ke (021) 89116181.

Terima Kasih



Tertanda Nama Dan Cap Organisasi

2. Formulir Partisipasi sebagai In-Kind Sponsor
Bersama ini saya bersedia turut serta dalam kegiatan Seminar Penanganan Anak Berkesulitan Belajar dengan rincian data sebagai berikut :
1. Nama Organisasi :
2. Alamt :
3. Telepon :
4. Fax :
5. Website Address :
Kami akan turut dalam kegiatan ini sebagai In-Kind Sponsor, dengan rincian sebagai berikut :





Kami akan melakukan pembayaran ke : Rekening BCA KCP Lippo Cikarang 5220597913 a.n Nunu Diati dan semua bukti pembayaran di Fax ke (021) 89116181 serta melakukan konfirmasi pembayaran melalui telepon ke (021) 89116181.

Terima Kasih



Tertanda Nama dan Cap Organisasi


Lampiran 4
LEMBAR PENGESAHAN

Ketua Pelaksana Sekretaris


Henika Siti Maesaroh
NIM : 2073210065 NIM : 2073210077


Mengetahui
Ketua BEM STAI BS


Mohammad Roziki
NIM : 2073210086

Penanggung Jawab


Yuli Pujianti, S.Pd


Mengetahui,

Ketua STAI BANI SALEH PUKET BID. KEMAHASISWAAN


Drs. Hapidin, M.Pd Drs. Endang Wahyudiana